12 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Dengan Cepat

Batuk adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh untuk menjaga tenggorokan Anda dari lendir dan iritan lain. Selain disebabkan oleh iritan, batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Batuk yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan gejala lain seperti hidung tersumbat, demam, rasa tidak nyaman di perut, atau hidung yang berair.


Pada umumnya, batuk akan berhenti dalam tiga minggu. Meskipun demikian, batuk rasa akan sangat menyiksa bila Anda tidak melakukan apa-apa untuk meredakannya.

Berikut adalah cara alami menyembuhkan batuk

1. Madu

Riset telah membuktikan bahwa madu efektif mengobati batuk dan sakit leher. Anda bisa mengkonsumsinya dengan air hangat atau dengan perasan lemon.

2. Teh Madu dan Lada Hitam

Bila batuk Anda berdahak, coba resep ini satu sendok teh lada hitam, dua sendok makan madu, dan air mendidih. Biarkan selama 15 menit, saring lalu minum! Lada akan membuat sirkulasi semakin lancar dan madu akan melegakan batuk Anda.

3. Teh Jahe

Tradisi Timur sering menggunakan jahe untuk menyembuhkan sakit pilek dan batuk karena properti antihistamin dan dekongestan. Anda bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe ke dalam 3 gelas air mendidih. Biarkan selama 20 menit, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon.

4. Isap Irisan Lemon

Ya, buah lemon (dengan sedikit tambahan garam) sangat membantu meredakan batuk, lho. Bila Anda tidak tahan dengan keasamannya, Anda juga bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air madu.

5. Perbanyak Minum Air Putih.

Air putih membantu mencairkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi.

6. Mandi Air Panas

Bila Anda biasanya bekerja di lingkungan yang dingin, mandilah dengan air panas! Uap yang terkumpul saat hot shower bisa meredakan batuk dengan cara melegakan hidung yang tersumbat.

7. Manfaatkan Ekspektoran Alami

Ekspetoran mampu membantu menipiskan lendir dan mempermudah pengeluarannya saat batuk. Cara ini terutama dibutuhkan ketika lendir sulit untuk dikeluarkan meski kamu sudah batuk terus menerus.

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu daun mint. Kandungan mentolnya dapat menipiskan lendir dan membantu mengeluarkan dahak. Kedua bahan ini bisa kamu campurkan dalam secangkir teh hangat sebelum tidur.

Perlu dicatat bahwa ekspektoran tidak akan mengobati infeksi. Manfaatnya lebih mengarah pada meredakan gejala batuk berdahak, membuatmu tidur lebih nyenyak, dan merasa jauh lebih nyaman.

8. Oleskan Minyak Kayu Putih

Selain memberikan rasa hangat pada kulit, mengoleskan minyak kayu putih mungkin menolong keluhan batuk berdahak.

Minyak kayu putih tampaknya membantu melonggarkan lendir yang mengganggu, sehingga ketika batuk dahak akan lebih cepat keluar.

Cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian dada. Selain minyak kayu putih, manfaat ini bisa pula didapatkan dari penggunaan balsem yang memiliki kandungan mirip minyak kayu putih.

9. Berkumur Dengan Air Garam

Selain menghilangkan dahak yang mengganggu napas, air garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Coba campurkan satu cangkir air hangat dengan ½ atau 1 sendok teh garam. Dan berkumurlah selama 30-60 detik hingga air pada cangkir habis. Prosedur ini dapat kamu lakukan sekitar 2-4 kali sehari.

10. Kecap Dan Jeruk Nipis

Sesendok kecap masnis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

11. Jamu kencur

Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Jamu herbal kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Selain itu, kencur juga dapat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

12. Nanas

Nanas sebagai obat batuk? Sebuah penelitian menemukan bahwa nanas mengandung bromelain, sebuah enzim yang hanya ditemukan pada tunas dan buah nanas. Enzim ini dapat membantu menekan batuk dan mengencerkan lendir pada tenggorokan. Untuk mendapat keuntungan yang optimal, Anda dapat mengonsumsi sepotong nanas atau meminum jus nanas sebanyak 100 ml sebanyak tiga kali sehari.

Perlu diperhatikan, suplemen yang mengandung bromelain tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak atau orang dewasa yang mengonsumsi obat pengencer darah. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati mengonsumsi bromelain jika sedang dalam pengobatan antibiotik seperti amoxicillin. Bromelain dapat meningkatkan penyerapan antibiotik. Selalu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda sebelum menambahkan suplemen lain ke dalam terapi Anda.

Itulah Cara Alami Menyembuhkan Batuk Dengan Cepat, semoga bermanfaat dan cepat sembuh.

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel