Pembangunan Bendungan Cipanas Baru Akan Rampung 2020

Sumber : detikcom

IndramayuNews
- Progres pembangunan bendungan baru Cipanas program Kementerian PUPR perwulan Januari 2019 sudah mencapai 11%. Bendungan ini terletak ning perbatasan Kab.Indramayu sama Kab.Sumedang, yang dirancang pemerintah melalui para ahli bisa menampung kapasitas 250,81 juta meter kubik air. Nilai kontrak pembangunan 877.35 Milyar, dan dikerjakan PT. Wijaya Karya.

Sumber : detikcom

Bendungan Cipanas ini, ada 2 jenis pekerjaan, pertama disebut "Main Dam" (pekerjaan bendungan primer), kedua "Main Cofferdam" (pekerjaan bendungan sekunder) termasuk juga bangunan terowongan air tembus bukit yang panjangnya 399.81 meter, diameter atau garis tengah 5 meter. Target seluruh pekerjaan bisa selesai sampai tahun 2020 dan bisa beroperasi di November.

Tujuan dibuatnya Bendungan ini selain penyediaan suplay air di Kab. Sumedang juga sebagai penanggulangan banjir dan kekeringan di Daerah Indramayu yang di lewati sungai cipanas. Di antaranyaa Kec.Lelea, Kec.Cikedung, Kec.Terisi, Kec.Losarang ─║an Kec.Kandanghaur. dan bendungan yang sedang dibuat ini kabarnya akan dibangung pembangkit listrik Hydro Mini kekuatan 3 MW.


Sumber keterangan: Admin 7 IKM @Bappenas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel